Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengusaha Pemula

Pastikan anda nge-like "Fanspage Kumpulan Ide Bisnis" agar tak ketinggalan ide-ide bisnis terbaru lainnya. Ketika memutuskan untuk terjun ke dunia usaha, pasti banyak yang mengalami kesalahan. Baik itu saat merintis ataupun saat usaha sudah berjalan. Namun hal itu bukanlah suatu hal yang buruk, sebab dari kesalahan itu, para pengusaha bisa belajar dan memperbaiki kesalahan, hingga usahanya berkembang lebih baik dari waktu ke waktu. Di bawah ini ada 5 kesalahan yang sering dilakukan pengusaha pemula.

5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengusaha Pemula :
  1. Tidak Adanya Visi dan Misi Yang Jelas Dalam Menjalankan Usaha. Visi dan Misi sangatlah penting di segala macam bisnis. Visi dan misi yang jelas mempermudah kita untuk menentukan agenda apa saja yang perlu dibuat untuk mencapai tujuan dalam bisnis. Mulailah membuat visi dan misi usaha sedini mungkin, tentukan target dan goalnya. Lalu berusahalah dengan keras untuk mencapainya.
    ilustrasi kesalahan / sumber gambar : www.seputarforex.com

  2. Memiliki Rasa Ambisius Yang Tinggi Untuk Membuat Bisnis Menjadi Besar Dalam Waktu Singkat. Rasa semangat dan ambisius dalam berbisnis memang penting, namun bila terlalu ambisius mengembangkan bisnis dalam waktu singkat, ini kurang baik. Saat baru memulai usaha, tentunya pelanggan belum begitu kelihatan, celakanya pada saat ini para pengusaha pemula tanpa analisis yang lebih, mereka meminjam uang di sana-sini untuk membuka cabang usaha baru, padahal usahanya belum stabil. Nah, itulah yang perlu diwaspadai. Sebaiknya stabilkan dulu usaha, baru setelah stabil dan menuai untung, kita boleh ekspansi usaha lain.

  3. Manajemen Keuangan Yang Buruk. Hal ini juga terjadi pada saya di awal-awal mengembangkan bisnis. Lebih baik pisahkan rekening pribadi dengan rekening perusahaan. Secukupnya saja menggaji diri sendiri dar hasil usaha. Sehingga bila ada lebihnya, bisa disimpan untuk mengembang usaha atau investasi di sektor lain.

  4. Kurang Fokus Dalam Bisnis. Memiliki banyak bisnis memang asyik. Namun bila kita belum mampu mengatur waktu untuk mengurus bisnis-bisnis kita, hal ini bisa gawat. Lebih baik diurus dulu bisnis utama, lalu setelah stabil, kita bisa mempercayakannya pada seseorang yang tepat. Setelah bisnis bisa jalan sendiri tanpa kita, barulah kita bisa mengurus hal-hal lain. Intinya adalah fokus ! Harus fokus dulu pada satu bidang.

  5. Kurangnya Pendekatan Pada Pelanggan. Hal ini akan berpengaruh pada jangka panjang kelangsungan usaha anda. Pada awal-awal, kita begitu perhatian pada pelanggan, namun setelah mulai rame, terkenal, kita mulai acuh pada pelanggan. Jangan seperti itu ! Pendekatan pada pelanggan sangat baik untuk menumbuhkan loyalitas mereka pada kita para pemilik usaha. Setelah loyalitas tumbuh dengan baik, secara otomatis, mereka dengan sukarela akan mempromosikan usaha kita kepada orang lain, dimulai dari saudaranya, teman dekat, teman jauh, sampe teman yang baru dikenalnya sekalipun (efek word of mouth, getok tular).
Nah, demikianlah beberapa kesalahan para pengusaha pemula yang perlu dihindari bagi anda yang baru memulai bisnis. Semoga bisnis kita semua selalu lancar dan berkah, Amiinn. 

Tag : Tips
Back To Top
close