Kumpulan Ide Bisnis Kreatif

Rahasia Sukses Bisnis Sembako

Bisnis sembako memang punya peluang besar, tapi karena banyaknya penjual, maka diperlukan ketekunan dan cara menjual yang benar agar orang tertarik untuk membeli di toko anda. Jika lokasi yang anda miliki memang sudah bagus, maka yang harus anda lakukan adalah menjual dengan cara yang tepat, unik dan menarik. Berikut ini ada beberapa rahasia untuk melariskan usaha sembako/kelontong anda.

cara mudah melariskan toko kelontong
Rahasia sukses Usaha Sembako :
  1. Harga Yang Bersaing. Karena produk yang anda jual adalah bahan pokok, maka anda harus benar-benar memperhatikan harga jual. Jangan sampai harga anda terlalu mahal dibandingkan dengan penjual lain. Selalu perhatikan pergerakan harga pasar. Jika tidak punya harga yang bersaing maka akan sulit bagi anda untuk menjual.

  2. Promosi Penjualan. Buatlah program promosi pada hari-hari tertentu. Misalnya setiap hari senin, berikanlah bonus gula 1 kg untuk pembelian 10 kg beras, hari selasa bonus bumbu masak untuk pembelian bawang merah sebanyak 5 kg atau bonus-bonus lainnya yang menarik pembeli. Bisa juga pas hari ulang tahun anda, berikan diskon, hari jadi toko anda dan sebagainya. Anda juga harus menghitung dengan jeli agar tidak rugi dan tetap mendapatkan keuntungan. Carilah bonus yang budgetnya masih memungkinkan.

  3. Pertahankan Pelanggan Atau Pembeli Tetap. Faktor keberhasilan usaha anda sangat tergantung dari banyaknya pembeli. Untuk itu jika ada pembeli yang sudah pernah belanja di tempat anda, maka anda harus berusaha mempertahankannya, agar selanjutnya selalu membeli di tempat anda. Cara mempertahankan pembeli antara lain dengan memberikan harga yang bersaing, kualitas produk yang baik, dan pelayanan yang memuaskan. Anda harus senantiasa memberikan salam dan senyum kepada semua pembeli, jangan bersikap tak ramah. Meskipun sepele cuma menyunggingkan senyum, tapi hal ini juga sulit dibiasakan, jadi jangan diremehkan. Kemudian terakhir, ajaklah mereka berkomunikasi agar terjalin hubungan yang main baik.

  4. Layanan Antar (Delivery Services). Sediakan layanan antar bagi pembeli yang berbelanja sembako dalam jumlah yang cukup banyak. Jangan menarik biaya tambahan agar pembeli merasa senang dibantu dan dilayani dengan sangat baik.

  5. Berikan Minuman Gratis. Untuk semua pembeli, sediakan minuman gratis. Anda cukup menyediakan dispenser air dan gelas. Tawarkan kepada semua pembeli untuk minum. Atau kalau enggak, sediakan air mineral gelasan, disajikan dingin lebih nikmat. Pembeli pasti akan merasa senang dengan layanan tambahan ini.
Itulah beberapa tips sukses usaha sembako yang bisa saya bagikan, moga bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi. Salam sukses ^_^
Tag : Tips
Back To Top