Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Peluang Usaha Bisnis Tas Laptop Kreatif

Semakin besarnya pengguna gadget mendorong produk-produk pelengkapnya termasuk tas laptop semakin berkembang. Apalagi model-model laptop terbaru yang semakin canggih selalu hadir di pasaran, sehingga membuat pengguna laptop semakin meningkat. Kini tas laptop tak hanya berfungsi sebagai pelindung laptop saat beraktivitas, namun sudah berkembang menjadi produk yang fashionable, terutama bagi kalangan wanita. Warna-warni tas laptop dengan berbagai desain yang menarik turut melengkapi penampilan kaum hawa saat beraktivitas. Seperti apa peluang bisnis dan persaingan pasarnya?

Di era teknologi ini gadget sudah menjadi suatu kebutuhan. Tak heran jika berbagai produk pendukungnya juga turut berkembang, salah satunya adalah tas laptop. Jika dulu tas laptop semata hanya sebagai pelindung, kini tas laptop juga berfungsi sebagai pelengkap penampilan. Bahkan semakin mahal harganya, orang akan makin percaya diri. 
Contoh tas laptop kreatif abstrack pastel / gambar via zazzle.com
Tak heran saat ini mulai banyak dijumpai model-model tas laptop yang semakin kreatif, berbeda dengan tas laptop keluaran pabrikan yang modelnya masih mainstream. Kondisi ini akan memberikan peluang yang menjanjikan bagi pelaku usaha tas laptop. Kebiasaan masyarakat hangout sambil membawa laptop di resto, mall atau kafe untuk mendapatkan hotspot gratis juga menambah peluang usaha ini semakin lebar.

Biasanya pembuatan tas laptop kreatif ini dilakukan pelaku usaha dengan cara handmade. Selain itu desain produk yang dibuat bisa disesuaikan dengan pesanan pelanggan. Misalnya menampilkan gambar-gambar kartun yang lucu seperti angry birds, keroppi, elmo, hello kitty, kungfu panda, spongebob dan masih banyak lagi. Tas laptop kreasi handmade ini harganya juga sangat kompetitif dibandingkan produk pabrik pada umumnya.

Untuk memberikan kreasi yang berbeda, pelaku usaha bisa mengikuti tren fashion yang ada di pasaran dan melakukan survey terhadap model tas laptop yang ada sebelumnya. Misalnya penggunaan bahan bulu velboa yang belum pernah ada di pasaran sehingga memberikan tampilan tas laptop yang mengikuti tren ala fashion korea.

Untuk keamanan juga harus tetap diperhatikan oleh pelaku usaha, misalnya menggunakan bahan busa polyfoam yang bisa melindungi laptop dari benturan benda keras. Bahan yang digunakan sebaiknya juga harus tahan air, terutama di bagian dalam tas laptop, gunakan saja bahan nilon D420. Hal penting lain yang harus diperhatikan adalah, pelaku usaha harus pintar berkreasi dalam membuat desain tas. Selain bisa diasah sendiri, bisa juga merekrut tenaga lulusan desain komunikasi visual. Pergantian desain tas sebaiknya dilakukan 4-6 bulan sekali.

Pangsa pasar potensial dari usaha ini adalah para eksekutif muda, anak sekolah, mahasiswa. Selain itu juga kaum wanita yang kerap berganti-ganti fashion menjadi pangsa pasar tersendiri yang sangat berpeluang. Bagi pelaku usaha tas laptop, harus menyesuaikan produk yang dibuat dengan pangsa pasar yang dibidik. Misalnya untuk tas laptop yang ditujukan untuk kaum pria, sebaiknya menggunakan warna-warana gelap dengan model yang simpel. Lain halnya untuk wanita yang lebih berminat terhadap model tas laptop dengan konsep girly. Dengan warna-warna cerah yang dibalut dengan berbagai aksesoris tambahan yang membuat tas laptop semakin menarik. Apalagi kebanyakan kaum wanita tak ingin tas laptop yang dimilikinya mempunya model yang terlalu pasaran.

Untuk pemasaran, bisa dilakukan penitipan ke sujumlah outlet yang berberak di bidang aksesoris, laptop. Bisa juga menitipkannya ke toko buku seperti Gramedia, Gunung Agung, dsb. Bila ada modal lebih, bisa sewa tempat di mall untuk kemudian dibuat booth khusus tas laptop. Cara lainnya adalah dengan mengikuti pameran, bazar, serta membuka tawaran untuk menjadi reseller atau agen. Jangan lupa juga untuk memasarkannya secara online, bisa via blog, website, facebook, twitter. Biar lebih lengkap, tawarkan juga ke beberapa komunitas, misalnya dosen, karyawan suatu instansi, arisan PKK, perkumpulan ibu-ibu, dan lain-lain. 

Mengenai persaingan, tas laptop kreatif yang diproduksi secara handmade ini mempunyai kelebihan tersendiri yaitu dari modelnya yang tidak pasaran, sehingga persaingan dengan tas laptop keluaran pabrikan tidak terlalu ketat. Karena itulah tas laptop handmade ini bisa menyasar segmen pasar kelas menengah atas, dibanding tas laptop pabrikan yang lebih banyak menyasar segmen pasar kelas menengah bawah.

Untuk memberikan pelayanan lebih, kemasan tas laptop anda harus dibuat sedemikian hingga agar terlihat menarik dan berbeda dari yang lain. Misalnya mengemas dengan plastik yang dimasukkan dalam tas kanvas lembut dan diberi sablon merek. Pelaku usaha juga bisa mengadakan program promo dan diskon untuk menarik pembeli. Promo bisa dilakukan  jika ada event pameran yang diikuti, seperti pameran komputer, pamerankerajinan, pameran buku dan pendidikan, pameran produk inovatif, pameran produk unggulan, dsb.

Dari beberapa pelaku usaha tas laptop kreatif yang mampu meraih omset hingga ratusan juta rupiah menunjukkan bahwa peluang pasar tas laptop kreatif masih sangat besar. Bahkan keuntungan yang bisa diraih dari usaha ini bisa mencapai 50%. Dengan peluang yang masih terbuka lebar, kini kesempatan bagi anda untuk menggali inovasi menghadirkan desain-desain tas laptop yang eksklusif dan tak pasaran. Selamat mencoba :)

Tag : Peluang
0 Komentar untuk "Peluang Usaha Bisnis Tas Laptop Kreatif"

Silakan bertanya dan berdiskusi tentang artikel di atas pada kotak komentar di bawah ini. Dengan senang hati saya akan menanggapinya semaksimal mungkin.

Back To Top
close