Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Kiat Sukses Usaha Penjualan Bebek Potong

Usaha bebek selain diambil telurnya, bisa juga untuk kita manfaatkan dagingnya. Sekarang ini banyak sekali rumah makan yang menyajikan bebek sebagai menu utama mereka. Entah itu bebek goreng ataupun bebek bakar. Maka dari itu, ini merupakan kesempatan bagus untuk berbisnis bebek potong. Bagi anda yang saat ini sedang atau baru akan menjalani bisnis bebek potong, kiat sukses berikut pastinya akan sangat bermanfaat buat anda. Berikut kiat sukses bisnis bebek potong.

Untuk memulai bisnis bebek potong ini, terlebih dulu pastikan kualitas internal bebek potong anda. Apa sajakah itu? Diantaranya seperti kebersihan kemasan, daging yang fresh dan tebal, jaminan stok, nilai lebih seperti harga yang terjangkau, sortir, karantina dan sebagainya. Apabila kualitas internal bebek potong anda sudah OK, kini saatnya pemasaran.

Untuk awal pemasaran, kita bisa garap daerah di sekitar kita dulu. Lakukan pemetaan, pendataan atau pengidentifikasian rumah makan dan restoran yang ada di daerah anda, yang tentunya menyajikan menu bebek. Selanjutnya dari pendataan rumah makan bebek, dipilih-pilih lagi, mana yang sudah anda layani, dan mana yang belum. Karena target pasar anda adalah rumah makan, ini berarti melayani secara B2B (business to business), maka ada keunikannya yaitu siapa orang kunci yang memutuskan pembelian. Inilah yang menjadi pembeda kalau kita memasarkan ke konsumen secara langsung.
tips sukses usaha bebek potong
Pada pasar bisnis ini, anda tidak cukup sekedar mengirimkan brosur atau iklan saja. Anda juga perlu bertemu dan melakukan komunikasi langsung dengan orang kuncinya yang memegang peranan pembelian. Bagian pengadaan atau pembelian biasanya merupakan orang kunci. Namun demikian sebutan atau jabatan di tiap rumah makan biasanya berbeda. Untuk itu, anda perlu lakukan trik seperti bertanya ke satpam, tukang parkirnya, atau penerima tamu rumah untuk mengorek informasi tentang siapa yang memutuskan untuk menentukan pemasok bebek potongnya. Sampaikan jika anda perlu bertemu dengan orang kunci ini untuk melakukan penawaran sebagai pematok bebek potong.

Upayakan anda harus bertemu dengan orang kunci yang menentukan pemasok bebek potong di rumah makannya. Selanjutnya galilah informasi tentang siapa yang menjadi pemasok bebek di rumah makannya saat ini dan apa yang membuat rumah makan tersebut mau dipasok olehnya. Lalu tawarkan bebek potong anda. Agar lebih meyakinkan, bawalah sampel bebek potong anda. Kalau bebek potong anda memiliki nilai lebih dibanding pesaing, pastinya pihak rumah makan akan beralih ke bebek potong anda. Tawarkan juga nilai lebih selain produk, misal layanan berupa kontinuitas pasokan yang terjamin atau lainnya yang penting bagi rumah makan, menangkanlah rumah makan, rebut hatinya :) Lakukan tawaran anda ini ke seluruh rumah makan di daerah anda.

Strategi kedua adalah melakukan perluasan pasar. Selain memasok rumah makan, untuk meluaskan pasar, anda bisa membidik target pasar baru, seperti hotel-hotel yang ada di dekat anda. Lakukan pemetaan terhadap hotel-hotel yang menawarkan makan pagi atau prasmanan untuk tamunya. Sekali lagi, anda perlu melakukan penawaran ke orang kunci hotel, seperti bagian restoran hotel.

Selain rumah makan dan hotel, anda bisa lagi memperluasnya ke supermarket. Artinya anda memasok bebek potong ke supermarket yang nantinya akan dibeli konsumen. Tahap-tahapnya tak jauh beda saat anda memasarkan ke rumah makan dan hotel di atas. Pada tahap awal, eksplor dulu daerah sekitar anda, baru setelah semua terdata dan tereksplor, anda bisa berekspansi ke daerah lain.

Satu hal lagi yang perlu anda lakukan dalam pasar bisnis adalah menciptakan hubungan baik dengan orang-orang kunci. Lakukan PDKT :D (pendekatan) dengan orang kunci yang memegang peranan pembelian. Jika dimungkinkan, gunakan referensi atau orang yang mengenalkan anda ke restoran, hotel atau supermarket dalam memasarkan untuk pertama kalinya. Ini akan memudahkan untuk melakukan hubungan dengan pembeli. Dan terakhir, Selamat mempraktekkan strategi sukses bisnis bebek potong di atas, semoga bermanfaat dan sukses selalu :)

Tag : Tips
0 Komentar untuk "Kiat Sukses Usaha Penjualan Bebek Potong"

Silakan bertanya dan berdiskusi tentang artikel di atas pada kotak komentar di bawah ini. Dengan senang hati saya akan menanggapinya semaksimal mungkin.

Back To Top
close